Skip to main content

7 Makanan khas lebaran yang wajib ada

esokpagi.com - Hari Raya Idul Fitri atau yang juga dikenal dengan lebaran tinggal menghitung hari. Lebaran kali ini akan terasa berbeda karena berada dalam kondisi pandemi covid-19 yang memaksa semua orang untuk membatasi kegiatannya.

Namun demikian, kamu masih tetap bisa merayakan lebaran dengan menghidangkan makanan khas lebaran untuk keluarga kamu. Apa saja kah itu?

Berikut 7 makanan khas lebaran yang bisa kamu sajikan saat lebaran.

1. Ketupat


Makanan khas lebaran yang satu ini berasal dari beras ini merupakan makanan yang paling banyak diburu saat hari lebaran. Ketupat atau kupat merupakan makanan pengganti nasi yang berasal dari beras yang di masak sampai matang di dalam bungkus daun atau plastik.


Ketupat sebenarnya adalah nasi yang di masak di dalam sebuah bungkus sehingga memiliki bentuk lebih padat. Ketupat juga di jadikan makanan khas di daerah lain seperi kupat tahu, kupat glabet, dan berbagai menu lain yang menggunakan kupat.

2. Opor Ayam


Makanan khas lebaran yang satu ini merupakan teman sejati dari ketupat. Opor ayam merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya pada hari lebaran, opor ayam juga banyak di konsumsi sebagai menu sehari-hari.


Opor ayam merupakan makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan. Kuah santan untuk opor di buat dari  bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam.

Opor biasanya di sajikan bersama dengan ketupat ataupun nasi.

3. Sambal Goreng Kentang Ati


Sambal merupakan menu yang paling di cari sebagai pendamping makan. Makanan yang cenderung pedas ini ternyata juga mempunyai bermacam jenis salah satunya sambal goreng kentang-ati.


Sambal ini dibuat dari kentang yang dipotong dadu dipadukan dengan ati rempela yang juga dipotong dadu. Makanan ini cocok dimakan dengan berbagai menu masakan lain khas Indonesia.

4. Kue Nastar


Siapa yang tidak tahu nastar? Nastar merupakan kue yang di sukai setiap orang yang bisa ditemui di setiap lebaran.


Kue nastar adalah kue kering yang di buat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Nastar di bentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter yang kemudian adonannya di isi selai buah nanas, coklat, stroberi, atau selai lain sesuai selera.

5. Kastengel


Selain makanan berat, kue kering juga banyak di cari saat hari raya lebaran. Kastengel ini merupakan salah satu kue yang juga banyak di cari.


Kastengel merupakan kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 3 sentimeter.

6. Kue Putri Salju


Kue ini juga menjadi salah satu kue yang wajib ada saat lebaran. Kue ini masuk ke dalam jenis kue kering.


Kue yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya di beri taburan gula halus yang menjadikannya mirip salju. Putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, maizena, mentega, dan kuning telur.

Sensasi dari makan kue ini di sukai banyak orang karena rasanya yang enak, gurih, dan rasa dingin saat digigit.

7. Kacang Goreng


Siapa yang tidak tau kacang goreng? Ya, makanan ini adalah makanan sehari-hari yang biasa di makan orang Indonesia.


Pada saat lebaran, kacang goreng disajikan sebagai cemilan bersama makanan lain. Selain itu, kacang goreng juga bisa dimakan bersama makanan besar seperti bakso dan nasi goreng.

Kacang goreng berasal dari kacang tanah yang di kupas dan diberi bumbu berupa garam, bawang putih, dan penyedap rasa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar