Skip to main content

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka, Ini Cara Daftar dan Penjelasan Lengkapnya

esokpagi.com - Pendaftaran program Kartu Pra Kerja telah dimulai malam tadi Sabtu (11/4/2020). Masyarakat Indonesia yang merupakan korban PHK atau pun belum memiliki pekerjaan sudah bisa mengakses situs www.prakerja.go.id untuk mendaftarkan dirinya di program andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pendaftaran tahap awal ini akan dibuka mulai hari ini hingga Kamis (16/4) pukul 16.00 WIB. Di tahap ini, pemerintah memberikan kuota bagi 164.000 masyarakat untuk mendaftarkan dirinya di program Kartu Pra Kerja.

"Pendaftaran Kartu Pra Kerja dibuka per minggu, dan untuk tahap gelombang pertama ini setidaknya akan direkrut 164.000 peserta. Gelombang pertama pendaftaran dibuka dari sekarang sampai dengan hari Kamis, 16 April 2020 pukul 16.00 WIB," terang Airlangga dalam konferensi pers virtual pendaftaran Kartu Pra Kerja, Sabtu (11/4/2020).

Ke depannya, pendaftaran Kartu Pra Kerja akan dibagi per gelombang yang dibuka setiap satu pekan terhitung hari ini. Tahap kedua akan jatuh hari Kamis (16/4) setelah pukul 16.00 WIB.

"Setelah pukul 16.00 WIB akan masuk ke gelombang berikutnya," ujar Airlangga.

Adapun pengumuman peserta yang diterima pada tahap awal Kartu Pra Kerja akan dilaksanakan pada Jumat, (17/4). Peserta yang lolos ini selanjutnya dapat mengikuti pelatihan secara online.

Bagi kamu yang berminat untuk daftar di Program Kartu Prakerja, kamu mengikuti step by stepnya di bawah ini.

Langkah pertama:

Daftarkan data kamu berupa email di website prakerja.go.id, namun sebelum itu pastikan kalau kamu adalah:
1. WNI
2. Minimal berusia 18 tahun
3. Sedangkan tidak menempuh pendidikan formal

Klik daftar yang ada di halaman depan website prakerja.go.id, masukan email dan buat password dan klik centang di persetujuan persyaratan lalu klik daftar.

Kamu akan dikirim email verifikasi, jadi silahkan cek email kamu dan lakukan verifikasi.

Langkah kedua

Kamu akan mengikuti tes motivasi dan matematika dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat tulis seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

Kamu akan diberikan soal sebanyak 19 soal dengan waktu pengerjaan sekitar 25 menit.

Langkah ketiga

Jika kamu lolos di di tes motivasi dan matematika dasar, saatnya kami pilih pelatihan yang kamu inginkan. Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Setelah kamu dinyatakan lolos, kamu akan mendapatkan pagu bantuan biaya yang besarannya sekitar 1 juta di tahun anggaran 2020.

Kamu bisa menggunakan pagu bantuan yang kamu dapat untuk mengikuti pelatihan di mitra platform digital yang sudah bekerjasama, seperti Tokopedia, Skill Academy, MauBelajarApa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, Pijarmahir.

Sedangkan untuk pembayaran, kamu bisa memilih mitra pembayaran yang kamu miliki, biasa melalui Bank BNI, OVO, LinkAja maupun GoPay.

Setelah kamu selesai mengikuti pelatihan, kamu akan mendapatkan insentif yang terdiri dari 2 bagian.

1. Insentif pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 600.000,-/bulan (selama 4 bulan)

2. Insentif Survei keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 50.000,-/survei (akan ada 3 survei).

Jadi yuk manfaatin kesempatan ini untuk meningkatkan kompetensi kamu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar