--> Skip to main content

Buat Manisan Kolang-kaling sendiri, menu berbuka saat musim corona

esokpagi.com - Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa saat pandemi corona melanda dunia.


Agar kita tidak keluar rumah untuk mencari panganan untuk berbuka puasa, yuk kita buat sendiri panganan untuk berbuka sendiri. Salah satu panganan yang bisa dibuat adalah manisan kolang-kaling.
Manisan kolang-kaling bisa tahan sebulan-dua bulan di dalam kulkas. Jadi tidak ada salahnya kamu bikin dari sekarang untuk persiapan buka puasa.

Cara membuat manisan kolang-kaling memerlukan proses agak lama. Namun jangan khawatir, kamu akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan kenikmatan manisan kolang-kaling.

Berikut resep dan cara membuat manisan kolang-kaling:

1 kg kolang-kaling
1 liter air cucian beras
2 lembar daun jeruk purut
1 lembar daun pandan
250 gram gula pasir
2 tetes pewarna makanan merah (sesuai selera)

Cara membuat manisan kolang-kaling:

- Cuci bersih kolang-kaling lalu rendam dengan air cucian beras. Sesekali gosok kolang-kaling menggunakan tangan agar lendir serta aroma asamnya hilang.

- Diamkan selama 1 jam atau lebih

- Bilas dengan air bersih dan tirisan

- Rebus kolang-kaling dengan air, daun jeruk, dan daun pandan hingga mendidih selama kurang lebih 30 menit

- Masukkan pewarna makanan sesuai dengan kecerahan warna yang diinginkan

- Usai kolang-kaling mulai empuk, masukkan gula pasir dan aduk hingga merata

- Masak terus hingga air berkurang dan kolang-kaling berwarna merah

- Tiris dan sajikan

Tipsnya untuk membuat manisan kolang-kaling. Pilih jenis kolang-kaling yang sudah dipipihkan lebar, bening, dan muda. Cuci hingga bersih dan lendirnya hilang.

Agar tak ada aroma asam dan licin, rendamlah kolang-kaling dalam air bekas cucian beras. Rendamlah selama beberapa jam. Kemudian cuci dan bilas hingga benar-benar bersih, tidak licin dan aromanya segar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar