--> Skip to main content

5 Jenis Minuman Kopi yang Populer di Indonesia

esokpagi.com - Banyak jenis minuman kopi di Indonesia yang dibuat dengan cara dan komposisi berbeda. Entah itu espresso based dengan campuran susu, krim atau berbagai jenis gula.


Banyak kedai kopi mulai eksplorasi  mencari minuman kopi yang diminati pelanggan, terutama kaum milenial pecinta kopi.

Berikut 5 Jenis minuman Kopi yang populer di Indonesia


1. Es Kopi Susu

Es kopi susu sendiri merupakan campuran dari kopi dan susu cair lalu dicampur dengan gula aren sebagai pemanis. Menurut William Heuw  yang merupakan Owner dari rand kopi kangen biasanya orang yang baru mau mencoba minum kopi kebanyakan akan mencoba minum es kopi susu karena rasanya yang tidak begitu pahit.

"Kopi susu tren banget karena budaya orang Asia yang sukanya manis-manis. Es kopi susu yang pakai gula aren, susu kental manis, campuran sirup, itu masih sangat disukai," ujar William seperti yang kami kutip dari laman Kompas.com.

2. Kopi Tubruk

Kedua adalah kopi tubruk. Kopi jenis ini jadi yang paling tradisional, karena pembuatannya cukup diseduh dengan air panas saja.

Menurut William, kopi tubruk jadi cara nenek moyang meminum kopi sejak dulu.

"Kopi warung gitu yang dinikmati orang-orang tua, karena generasi mereka banyaknya suka kopi yang pahit hitam tanpa gula dan susu,” kata William.

Kini, kian banyak kedai kopi yang menyediakan kopi tubruk sebagai salah satu varian dalam menu mereka.

Kopi tubruk juga bisa dikreasikan. Jika tidak suka pahit, maka bisa ditambah gula agar rasanya lebih manis.

3. Cappucino

Kemudian ada cappucino. Pada dasarnya, cappucino mirip dengan es kopi susu, karena campuran dari espresso, susu panas dan busa susu.

Cappucino disajikan panas. Rasanya yang pahit, tapi masih terasa ringan, juga disukai oleh banyak orang. Kopi dengan campuran susu memang hingga kini masih disukai orang.

4. Mochacinno

Berbeda dari jenis kopi lain yang biasanya hanya mencampurkan kopi, susu, dan busa krim-- moccachino memiliki bahan tambahan, cokelat.

Moccachino disukai juga oleh para pecinta cokelat yang juga menyukai kopi. Rasanya cenderung manis karena ada campuran cokelat.

Rasa kopinya tidak terlalu kuat karena ada campuran susu dan busa krim. Moccachino biasa disajikan panas.

5. Latte

Dibandingkan cappucino, latte ini punya rasa yang jauh lebih ringan. Campuran antara susu dan kopinya masih lebih banyak susu.

Oleh karena itu, rasanya pun tak begitu pahit, serta cukup ringan meski tidak dicampur gula. Beberapa kedai kopi ada yang menyajikan latte secara dingin.

Biasanya, untuk menarik konsumen banyak yang mencampur perisa sirup sebagai campuran. Beberapa sirup yang dipakai adalah karamel, durian, stroberi dan masih banyak lagi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar