--> Skip to main content

Pengalamanku Saat Bayar Pajak Kendaraan di Kantor Samsat Majalengka

esokpagi.com - Pajak Kendaraan merupakan kewajiban bagi para pemilik kendaraan bermotor. Bulan Maret ini pajak kendaraan saya habis, jadi harus bayar. Sejujurnya sih, sudah lama tidak banyar pajak langsung ke Samsat (biasa suka nitip ke temen kantor).


Berbekal izin dari pimpinan, saya pergi ke Kantor Samsat Majalengka yang berlokasi di Jl. K.H. Abdul Halim. Berangkat dari kantor sekitar jam 07.30 dengan asumsi layanan sudah buka karena sama-sama kantor pemerintah, kantor aku juga jam 07.30 sudah muali bekerja.

Sampai di Kantor Samsat langsung masuk ke Parkiran, tanya-tanya ke pa Satpam (maklum belum pernah bayar pajak di kantor samsat yang baru). Informasi dari pa Satpam, ternyata layanan Samsat Majalengka buka jam 08.00, karena saya hanya bayar pajak tahunan jadi dipersilahkan langsung masuk. Oh iyah saya sampai ke Kantor Samsat Jam 07.45.

Setelah itu saya menuju ke Customer Service yang ternyata petugasnya sudah ada. Saya langsung ngasiin STNK dan KTP Asli beserta foto copynya 1 lembar dan saya dikasih nomor antrian 002, saya dipersilahkan menunggu.

Loket layanan masih kosong (pikir ku oh iyah karena belum jam 8, mungkin masih sarapan di kantin ataupun yang lainnya). Sekitar Jam 8 ternyata loket masih kosong, tapi di teller saya liat sudah ada petugasnya.

Singkat cerita, sekitar jam 08.15 ada seorang petugas yang masuk ke loket 1, langsung beres-beres (sepertinya nyalain komputer yang ada di loket 1). Sekitar jam 08.30 datang lagi ibu-ibu, sepertinya ibu-ibu itu petugas asli yang di loket 1 karena bapa yang pertama datang langsung mau pergi.

Yang saya perhatikan, ibu-ibu ini setelah datang itu ga langsung kerja malah ngobrol ntah apa yang di obrolkan (maklum ibu-ibu suka ngerumpi), saya liat jam di hp ku, petugas ngobrolnya menghabiskan waktu sekitar 6 menit.

Sambil nunggu panggilan dalam hati ko gini yah pelayanannya (kesal juga sih). Sekitar jam 08.40 akhirnya nomor antrian ku dipanggil di teller untuk melakukan pembayaran pajak. Setelah bayar nunggu lagi untuk penyerahan STNK.

Sambil nunggu dalam hati menggurutu lagi ko loketnya kosong ga ada petugasnya. Tapi aku berpikir positif aja, mungkin pencetakannya di ruangan belakang. Dan benar saja, jam 09.10 keluar petugas yang ternyata petugas yang aku liat di loket 1. Dia menyerahkan STNK punyaku yang sudah pengesahan.

Dari pengalaman aku hari ini sebagai Layanan Publik, Samsat harus lebih tepat waktu lagi. Jika emang Jam layanan mulai Jam 8, jam segitu petugas harus sudah ada dan siap melayani. Jika dihitung, waktu yang diperlukan untuk proses pajak kendaraan tahunan itu ga nyampai 1 Jam, dari mulai proses di loket 1 sampai penyerahan STNK di loket 3.

Ini hanya pengalamanku saja, mungkin kamu punya pengalam yang berbeda. Bisa lebih cepat ataupun bisa lebih lama.


#samat #samsatmajalengka
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar