Skip to main content

Pemda Majalengka Siapkan Skenario Penanganan Kedatangan Ribuan Pemudik

esokpagi.com - Pemda Majalengka siapkan skenario penanganan kedatangan ribuan warga Majalengka yang datang dari luar daerah.


Dikutip dari tintahijau.com, Dari hasil kajian Gugus Tugas pencegahan Covid 19, perantau yang akan mudik sampai menjelang Ramadan dan lebaran nanti diperkirakan mencapai 5.200 orang

Bupati Majalengka Karna Sobahi menjelaskan, meskipun perantau asal Majalengka diminta untuk tidak pulang kampung saat pandemik corona, namun justru malah mendorong mereka untuk pulang lebih awal.

"Kami sudah mengantisipasi kedatangan mereka. Setiap pendatang wajib lapor ke Posko di kecamatan atau desa, disana mereka akan dilaksanakan penjelasan, penyemprotan penyuluhan. Selanjutnya mereka akan diminta isolasi diri selama 14 hari," kata Bupati.

Karna mengingatkan, warga yang merasakan indikasi panas, batuk dan sesak napas diminta untuk segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat untuk ditindaklanjuti apakah perlu dirujuk atau tidak.

"Kondisi ini akan berjalan dan terkendali secara efektif, manakala semua pihak dann kalangan proaktif, gotong royong, membentuk posko dari mulai tingkat  Kab, Kec, Desa, RW/RT, klp pemuda, ormas keagamaan/ kemasyarakatan," paparnya

Dia menegaskan, mencegah warga untuk tidak mudik bukanlah opsi sederhana, mengingat variabelnya sangat komplek, karena menyangkut multi kepentingan.

"Oleh karena itu upanya pengendalian dann koordinasi sangat penting. Saya himbau kepada para pendatang untuk betul-betul menahan diri untuk berada di rumah," tandasnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar