Skip to main content

Situ Sangiang Majalengka, Danau Cantik Yang Penuh Mistis

esokpagi.com - Situ Sangiang Majalengka merupakan salah satu wisata alam yang masih termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).


Situ Sangiang terletak di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Dengan jarak dari pusat Kota Majalengka kurang lebih 27 kilometer. Selain memiliki keindahan alam yang istimewa, Situ Sangiang juga sarat akan nuansa mistis.

Nuansa mistis ini erat kaitannya dengan legenda Prabu Talaga Manggung dan kedua anaknya. Talaga Manggung sendiri merupakan kerajaan di Majalengka yang diperkirakan ada pada abad ke-15.

Karena itulah, jika sobat berkunjungan ke Situ Sangiang tidak boleh berbuat sembarangan, ada larangan-larangan yang perlu sobat patuhi.

Berikut beberapa larangan yang dibuat oleh pengelola setempat demi menjaga budaya dan keasrian dari Situ Sangiang sendiri.

  1. Pengunjugn dilarang berenang
  2. Dilarang membuang sampah sembarangan
  3. Dilarang memancing
  4. Dilarang menyalakan api unggun
  5. Dilarang mengambil ikan dari danau
  6. Dilarang memetik ataupun mengambil bagian dari pohon besar
  7. Dilarang ke sembarang tempat tanpa seizin/didampingi kuncen

Fasilitas yang tersedia di Situ Sangiang juga cukup baik. Telah tersedia toilet, parkir, loket karcis serta tempat istirahat. Mengingat akses menuju Situ Sangiang belum banyak kendaraan umum, jika ingin berkunjung sobat disarankan membawa kendaraan pribadi.

#Situ_Sangiang #Majalengka
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar