Skip to main content

Cara Mengenali Hoax Ala Taufik Hidayat Pranata Humas Kemenag Kab. Majalengka

esokpagi.com - Cara Mengenali Hoax Ala Taufik Hidayat Pranata Humas Kemenag Kab. Majalengka. Hoax banyak bertebaran di dunia maya, saking banyaknya kita sulit membedakan mana informasi hoax mana yang bukan.


Disini saya berkempatan mewawancarai Taufik Hidayat yang merupakan Pranata Humas di Kantor Kemenag Kabupaten Majalengka yang juga mengelola blog kupasabis.com.

Taufik mengatakan ada rumus dalam menulis berita yang bisa digunakan untuk mengenali suatu berita itu Hoax atau bukan, rumus tersebut adalah 5W+1H.

Rumus 5W+1H itu adalah What (apa), Where (dimana), When (kapan), Who (siapa), Why (mengapa) dan How (bagaimana). Setiap unsur dari rumus 5W+1H harus terpenuhi dalam penulisa Berita baik cetak maupun elektronik.

Taufik juga menambahkan bahwa jika salah satu atau beberapa unsur dari rumus 5W+1H tidak terpenuhi, patut dicurigai bahwa berita tersebut terindikasi Hoax pungkasnya saat ditemui di ruang kerjanya selasa (18/2/2020) kemarin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar